Cara Masuk ke Menu Setting ATM

Disclaimer:
Catatan ini hanya sebagai pengetahuan saja, dan mesin ATM dalam artikel ini kemungkinan sekarang sudah tidak dipakai lagi, sebab ini catatan sekitar tahun 2006 yang lalu.

Dalam artikel ini, merk mesin atm dan bank yang menggunakannya tidak disebutkan. Yang jelas atm merk ini sudah jarang ditemui.

Untuk masuk ke menu sebagai operator ATM yang perlu dilakukan adalah: menekan tombol [cancel] [clear] [enter] secara berurutan bersamaan dan tahan selama 2 detik. Kemudian lepaskan dan tekan secara bergantian tombol 1-2-3. Langkah ini akan membawa pada menu operator.

Cara lainnya, yang hanya bisa dilakukan petugas, adalah dengan mematikan mesin ATM, kemudian buka tutup mesin, ambil kertas printernya, pasang lagi kertas printernya, hidupkan lagi mesin ATM. Langkah ini juga akan membawa pada menu operator.

Jika sudah berhasil masuk menu operator, maka akan muncul 3 menu login password:

  1. Master password
    Jika masuk ke menu ini maka kita akan mengakses secara keseluruhan dari system ATM tadi
  2. Service password
    Levelnya dibawah master password, sebagian menu tidak bisa dibuka, tetapi pada bagian menu diagnosis dan seluruh menu dasar bisa diakses
  3. Operator password
    Level paling bawah dari hak akses ke system. Hanya menu dasar saja yang bisa diakses oleh orang yang masuk melalui password operator.

Default password master pada ATM jenis ini adalah [000000]. Tetapi kemungkinan saja sudah diubah oleh pihak IT dari yang punya ATM untuk alasan security. Sangat bodoh jika tidak merubah system master passwordnya.

About the author

Dedi Suryawardana Just an ordinary people from Jagad Besmah. Currently work on a Tropical Palm Oil Mill at Kalimantan Barat (West Borneo) as Electrical Supervisor.

Tag:

  • mesin ATM
  • cara mematikan mesin atm
  • cara membuka mesin atm
  • cara membongkar mesin atm
  • gambar mesin ATM
  • cara mengaktifkan atm
  • merk mesin atm

Comments

  1. frangki Mozilla Firefox Windows says:

    Cara lainnya, yang hanya bisa dilakukan petugas, adalah dengan mematikan mesin ATM, kemudian buka tutup mesin, ambil kertas printernya, pasang lagi kertas printernya, hidupkan lagi mesin ATM. Langkah ini juga akan membawa pada menu operator.

    >>>>>>

    cara mematikkannya gimana gan?
    apa letak tombol power berada di rangka luar dan sebelah mana?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>