Ucapan Idul Fitri: Minal ‘Aidin wal faizin

Ucapan Idul Fitri Minal ‘Aidin wal faizin, banyak disebut menjelang hari raya idul fitri, baik itu di kartu pos, sms, maupun di jejaring sosial seperti facebook dan twitter.

Menurut Quraish Shihab dikutip dari bukunya Lentera Hati, kalimat ini mengandung dua kata pokok yaitu: ‘aidin dan faizin.

Ini penulisan yang benar menurut ejaan bahasa indonesia, bukannya aidzin, aidhin, faidzin, atau faidhin yang banyak beredar di sms lebaran. Kalau dalam tulisan bahasa arab:

مِنَ الْعَائِدِين وَالْفَائِزِين

Yang pertama menurut penjelasan Quraish Shihab, sebenarnya sama akar katanya dengan ‘Id pada Idul Fitri.

‘Id itu artinya kembali, maksudnya sesuatu yang kembali atau berulang, dalam hal ini perayaan yang datang setiap tahun.

Sementara Al Fitr, artinya berbuka, maksudnya tidak lagi berpuasa selama sebulan penuh.

Jadi, Idul Fitri berarti “hari raya berbuka” dan ‘aidin menunjukkan para pelakunya, yaitu orang-orang yang kembali. (Ada juga yang menghubungkan al Fitr dengan Fitrah atau kesucian, asal kejadian)

Faizin berasal dari kata fawz yang berarti kemenangan. Maka, faizin adalah orang-orang yang menang. Menang di sini berarti memperoleh keberuntungan berupa ridha, ampunan dan nikmat surga.

Sementara kata min dalam minal menunjukkan bagian dari sesuatu.

Sebenarnya ada potongan kalimat yang semestinya ditambahkan di depan kalimat ini, yaitu ja’alanallaahu (semoga Allah menjadikan kita).

Jadi selengkapnya kalimat minal ‘aidin wal faizin bermakna (semoga Allah menjadikan kita) bagian dari orang-orang yang kembali (kepada ketaqwaan/kesucian) dan orang-orang yang menang (dari melawan hawa nafsu dan memperoleh ridha Allah).

Jelaslah, meskipun diikuti dengan kalimat mohon maaf lahir batin, ia tidak mempunyai makna yang sama. Bahkan sebenarnya merupakan tambahan doa untuk kita yang patut untuk diamienkan, bukan malah dihujat bid’ah.

Lantas bagaimana ucapan yang sering di ucapkan oleh nabi dan para sahabat?

Menurut riwayat, ucapan yang sering diucapkan sewaktu hari raya oleh para nabi dan sahabat adalah  kalimat: Taqobalallaahu minnaa wa minkum, yang artinya adalah semoga Allah menerima dari kami dan dari kalian. (Maksudnya adalah menerima amal ibadah kita semua selama bulan Ramadhan)

“Ucapan pada hari raya, yang sebagian orang mengatakan kepada yang lain jika bertemu setelah shalat Ied : Taqabbalallahu minnaa wa minkum “

Artinya : Semoga Allah menerima dari kami dan dari kalian”
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah [Majmu Al-Fatawa 24/253]

Para sahabat juga biasa menambahkan: shiyamana wa shiyamakum,  yang artinya adalah: semoga juga puasaku dan kalian diterima.

Lengkapnya ucapan Idul fitri itu sebaiknya mengandung sunnah dari nabi dan doa, hindari ucapan seperti “met lebaran brader”, “minal aidin coy..” dan sebagainya yang tidak mencerminkan sikap seorang muslim yang mencintai sunnah nabi, bahkan kalimat seperti diatas itu lebih mirip ucapan kaum non muslim (mengadopsi ucapan gaul kaum non muslim)

Jadi ucapan idul fitri itu sebaiknya:

Taqobalallaahu minnaa wa minkum, shiyamana wa shiyamakum. Mohon maaf lahir dan batin,  ja’alanallaahu minal ‘aidin wal faizin ..

Artinya, “Semoga Allah menerima amal-amal kami dan kamu, Puasa kami dan kamu. Mohon maaf lahir dan batin, dan semoga Allah menjadikan kami dan kamu termasuk dari orang-orang yang kembali (dari perjuangan Ramadhan) sebagai orang yang menang.”

تَقَبَّلَ اللّهُ مِنَّ وَ مِنْكُمْ صِيَمَنَا وَ صِيَمَكُمْ وَجْعَلْنَا مِنَ الْعَائِدِين وَالْفَائِزِين

Sumber: Lentera Hati, Web, dll.

About the author

Dedi Suryawardana Just an ordinary people from Jagad Besmah. Currently work on a Tropical Palm Oil Mill at Kalimantan Barat (West Borneo) as Mill Maintenance Assistance. As an IT and Technician worker, I dare to say: Isyhadu bianna muslimun. ??? ???? ???????

Tag:

  • ucapan idul fitri yang benar
  • ucapan idul fitri bahasa arab
  • ucapan idul fitri
  • ucapan lebaran bahasa arab
  • ucapan minal aidin wal faidzin
  • minal aidin wal faidzin tulisan arab
  • tulisan arab minal aidin wal faidzin

Comments

  1. deccy Opera Mini says:

    ucpan lebaran kasi tau donk?

Trackbacks

  1. [...] >> Ucapan Idul Fitri: Taqabalallahu minna wa minkum shiyamana wa siyamakum, kullu amien wa antum bi [...]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>