Jenis-jenis Kabel Listrik

1. NYM

Kabel tembaga tunggal dan berisolasi PVC. Umumnya berwarna putih dan mempunyai inti lebih dari 1 kabel. Biasanya digunakan untuk instalasi permanen didalam rumah

2. NYY

Kabel tembaga tunggal dan berisolasi PVC yang lebih kuat dari kabel NYM. Umumnya berwarna hitam dan mempunyai inti lebih dari 1 kabel. Biasanya digunakan untuk instalasi yang ditanam didalam tanah.

3. NYMHY / NYYHY

Kabel tembaga berbentuk serabut dan berisolasi PVC. NYMHY umumnya berwarna putih dan NYYHY biasanya berwarna hitam. Kabel-kabel ini berinti lebih dari 1 kabel. Biasanya digunakan untuk instalasi didalam rumah yang tidak permanen, karena sifatnya fleksible dan tidak mudah patah.

4. NYA

Kabel tembaga tunggal dan berisolasi PVC dan mempunyai inti hanya 1 kabel. Kabel ini memiliki banyak warna, Biru, Merah, Hitam, Kuning dan Kuning hijau. Kabel ini biasanya digunakan untuk instalasi permanent

5. NYAF

Kabel tembaga berbentuk serabut dan berisolasi PVC dan mempunyai inti hanya 1 kabel. Sama seperti NYA, kabel ini mempunyai banyak warna. Biasanya digunakan untuk instalasi yang tidak permanen, karena sifatnya fleksible dan tidak mudah patah.

 

Comments
Dedi Suryawardana
Follow me

Dedi Suryawardana

Lahir dan dibesarkan di Kota Pagaralam yang berada di Sumatera selatan, yang oleh penduduk setempat disebut sebagai tanah Jagad Besemah atau Besemah Libar.
Pernah memperoleh pendidikan di Universitas Sriwijaya Palembang dan Universitas Palembang.
Sekarang berdomisili di Kalimantan Barat bekerja sebagai Mill Maintenance Supervisor di salah satu perusahaan pengolahan kelapa sawit yang hanya merupakan salah satu Bisnis Unit dari salah satu Perusahaan Multinasional yang berpusat di Amerika.
Dedi Suryawardana
Follow me

Latest posts by Dedi Suryawardana (see all)

Leave a Reply

%d bloggers like this: