Ucapan Pada Hari Raya Idul Fitri

Idul Fitri adalah hari raya umat islam. Meski tak ada keharusan, sebagian kita mengucapkan selamat idul fitri dengan doa-doa dalam bahasa arab. Namun sebagian orang kesulitan dalam mencari tulisan atau transliterasi dari ucapan yang biasa diucapkan untuk idul fitri dalam bahasa arab ini.

Berikut ini adalah kata-kata ucapan atau doa untuk lebaran (idul fitri) yang biasa diucapkan oleh orang arab atau biasa disampaikan dalam bahasa arab:

TAQOBBALALLHU MINNAA WA MINKUM

Lafadz تَقَبَّلَ اللّهُ مِنَّ وَ مِنْكُمْ (Taqabalallahu minna wa minkum) adalah sebuah ucapan yang mengandung arti saling mendo’akan antar sesama muslim di hari raya. Sebagaimana telah disebutkan dalam kitab Fathul Bari (2/446) : diriwayatkan kepada kami dalam Al-Muhamiliyat dengan sanad yang baik dari Jubair bin Nufair berkata : dahulu para sahabat Rasulullah shallallahu alaihi wasallam apabila mereka bertemu pada hari raya sebagian mengucapkan kepada sebagian lain : (Taqabbalawahu minna waminkum).

Adapun arti dari lapadz “Taqabalallahu minna wa minkum” adalah semoga Allah menerima aku dan kalian. Maksudnya menerima di sini adalah menerima segala amal dan ibadah kita di bulan Ramadhan.

tmp_3075-0071499452899

 

tmp_3075-001-592061638tmp_3075-00695524203tmp_3075-002878180450

‘Id sa’id (عيد سعيد, kadang memakai gaya bahasa inggris Eid saeed, Selamat Id/Lebaran)

‘Id mubarak (عيد مبارك ,kadang memakai gaya bahasa inggris Eid mubarak, Lebaran penuh berkah dari Allah)

‘Idkum mubarak (عيدكم مبارك, ‘Id yang penuh berkah atasmu)

Kullu ‘aam wa antum bikhair (كل عم و انتم بخير ,Semoga engkau selalu dalam kebaikan sepanjang tahun)

Kullu sannah wa antum thayyiban (كل سنه وانت طيب , artinya mirip dengan yang di atas)

Taqobbalallahu minnaa wa minkum (تقبل الله منا و منكم ,Semoga Allah menerima – amalan – dari kita dan darimu)

Ja’alanallaahu minal ‘aidin wal faizin (من العايدين والفايزين ,Semoga Allah menjadikan kita orang yang kembali – suci – dan memperoleh kemenangan, kadang dipotong hanya sebagai minal ‘aidin wal faizin, dan kadang disalahartikan sebagai mohon maaf lahir batin. Lihat: Minal ‘aidin wal faizin bukan berarti mohon maaf lahir batin.)

 

Comments

Pencarian Pengunjung:

  • من العاءرين والفاؤزين ucapan doa hari raya
Dedi Suryawardana
Follow me

Dedi Suryawardana

Lahir dan dibesarkan di Kota Pagaralam yang berada di Sumatera selatan, yang oleh penduduk setempat disebut sebagai tanah Jagad Besemah atau Besemah Libar.
Pernah memperoleh pendidikan di Universitas Sriwijaya Palembang dan Universitas Palembang.
Sekarang berdomisili di Kalimantan Barat bekerja sebagai Mill Maintenance Supervisor di salah satu perusahaan pengolahan kelapa sawit yang hanya merupakan salah satu Bisnis Unit dari salah satu Perusahaan Multinasional yang berpusat di Amerika.
Dedi Suryawardana
Follow me

Latest posts by Dedi Suryawardana (see all)

Leave a Reply

%d bloggers like this: